1. Komunitas Online di Era Media Sosial dan Perannya dalam Menciptakan Ruang Publik
- Ruang publik adalah sebuah ekosistem yang dapat memberi ruang tumbuh bagi peradaban manusia. Ruang ini menjadi modal sosial dan ekonomi bagi masyarakat untuk tumbuh dan berkembang secara sehat dan produktif.
- Menurut Jurgen Habermas, ruang publik memiliki peran yang berarti dalam proses berdemokrasi. Ruang publik merupakan wadah diskursus masyarakat, tempat warga negara dapat menyatakan opini, kepentingan, dan kebutuhan mereka secara diskursif. Sifatnya harus bebas, terbuka, transparan, dan tidak ada intervensi pemerintah di dalamnya; dengan kata lain otonom. Ruang publik harus mudah diakses oleh semua orang. Melalui ruang publik ini masyarakat atau warga dapat menghimpun solidaritas dan kekuatan untuk melawan mesin-mesin pasar atau kapitalisme dan mesin-mesin politik.
Ruang publik kreatif dapat bekerja dengan baik jika dapat
mengakomodasi ekspresi komunitas-komunitas. Ada sebelas prinsip untuk
menciptakan sebuah ruang komunitas (ruang bersama) yang baik yang
dirangkum oleh Project for Public Space (PPS). Dengan menerapkan
prinsip-prinsip ini ruang publik akan bertransformasi menjadi sebuah
ruang bersama yang kaya dan hidup, tempat taman, plaza, lapangan
terbuka, jalan kendaraan, area pejalan kaki, atau segudang ruang outdoor
dan indoor lainnya yang memiliki kesamaan kegunaan publik.
3. Komunitas Online di Era Media Sosial
- Sejalan dengan perkembangan jaman, ruang publik telah meluas melampaui ranah fisik dan geografis yang dapat dinikmati secara langsung. Informasi dan teknologi komunikasi telah berkembang pesat di kota-kota besar di Indonesia dalam dua dekade terakhir. Saat ini, dengan kecanggihan teknologi, ruang publik juga hidup di dunia maya. Hal ini membuat perubahan dalam berkegiatan sosial-budaya ekonomi, sosial, dan kelembagaan terutama di perkotaan.
- Kemudahan mengunduh aplikasi di internet mempermudah penggunanya untuk membentuk komunitas online berdasarkan kesamaan kepentingan dan ketertarikan. Komunitas online adalah kumpulan orang (masyarakat) yang melakukan kegiatan dalam bentuk pertukaran informasi dan pengetahuan dengan bantuan Information and Communications Technology (ICT). Komunitas online dapat dibentuk dengan hanya beberapa orang atau anggota yang terbatas. Beberapa contoh komunitas online misalnya komunitas alumni atau hobi.
- Kecenderungan terhadap penggunaan facebook, twitter, path, mailing list, whatsapp, dan lainnya memperlihatkan bahwa anggota kelompok online tidak tunggal, namun bisa terdiri dari berbagai macam latar belakang.
dan berinteraksi
- Indonesia Berkebun
Indonesia Berkebun adalah komunitas yang bergerak melalui jejaring
sosial (baik itu twitter, facebook, blog) untuk menyebarkan semangat
positif agar lebih peduli terhadap lingkungan dan perkotaan dengan
program urban farming. Hal ini dilakukan dengan memanfaatkan lahan tidur
di kawasan perkotaan yang diubah fungsi menjadi lahan
pertanian/perkebunan produktif dengan peran serta masyarakat sekitar.
Semangat ini berawal dari media sosial twitter @Idberkebun yang disambut
baik oleh para netizen yang menginginkan kota yang lebih sehat, lebih
hijau, dan lebih membawa manfaat. Dengan semangat untuk berbagi, para
“sahabat berkebun” menjadi buzzers dan influencers, baik di twitter
maupun jejaring sosial lainnya. Sehingga saat ini Indonesia Berkebun
sudah berkembang di lebih dari 31 kota & 9 kampus di Indonesia,
tergabung dalam jejaring Indonesia Berkebun yang memiliki visi dan
tujuan yang sama.
5. Kemudahan Penyebaran Komunitas Online di Indonesia
Belajar dari kasus komunitas-komunitas online di atas, dapat
dilihat bahwa gerakan atau aksi komunitas dapat dimobilisasi dengan
jaringan yang besar. Kemajuan informasi dan teknologi komunikasi di era
ini telah memfasilitasi berbagai gerakan sosial. Beberapa ‘Buzz’ gerakan
sosial memiliki jangkauan yang luas, namun langsung dan personal.
masyarakat Indonesia cenderung sangat mudah untuk dikumpulkan atau
diminta bantuan jika ada sesuatu yang menarik, yang lain pun ikut
bergabung. Fenomena ini juga yang timbul di era media sosial sekarang
ini, yang membuat pembentukan komunitas online dan mengumpulkan
anggotanya untuk bertemu secara fisik sangatlah mudah di Indonesia. Hal
ini juga menunjukkan bahwa aktivitas komunitas online telah membawa
konektivitas baru manusia.
6. Penciptaan Ruang Publik Baru Oleh Komunitas Online
Komunitas-komunitas online kreatif seperti di atas, selain
menciptakan ruang publik di dunia maya juga menciptakan ruang-ruang
bersama secara fisik di ranah publik sesuai dengan tujuan dan visi
mereka masing-masing. Melalui dunia maya seperti media sosial, anggota
komunitas saling berinteraksi dan berkomunikasi yang membentuk dialog
dan diskursus hingga akhirnya mereka memutuskan untuk melakukan
aktivitas atau gerakannya secara offline. Dengan pertemuan secara
offline tersebut, ruang bersama di ranah publik tercipta.

No comments:
Post a Comment